HIDUP MANDIRI BERSAMA BANK MANDIRI
Uang dalam ilmu
ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat
diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima
oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang
dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern,
uang didefinisikan sebagai sesuatu
yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian
barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk
pembayaran hutang.Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat
penunda pembayaran.
Keberadaan uang menyediakan
alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih
kompleks, tidak efisien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern
karena membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan
pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai.
Perkembangan Manusia di Era Globalisasi
Salah satu prinsip ekonomi yang
memvonis salah satu sifat dasar manusia adalah tidak merasa puas dengan apa
yang ada. Boleh ditentang tetapi pada konteks era digital saya menilai bahwa
prinsip ekonomi itu benar. Alasan utama lahirnya era digital adalah adanya kejenuhan
atau titik kebosanan manusia pada apa yang ia raih, apa yang telah ia capai.
Perubahan ruang dan waktu telah
menghantar manusia pada pilihan berbeda bahwa perubahan itu harus diimbangi
dengan tekhnologi dan ketersediaan uang sebagai bekal untuk memenuhi kebutuhan
hidup manusia. Beberapa macam kebutuhan Manusia di era globalisasi ini.
A. Kebutuhan Manusia Berdasarkan
Tingkat Kepentingan / Prioritas
1. Kebutuhan Primer
Kebutuhan primer adalah kebutuhan
yang benar-benar amat sangat dibutuhkan orang dan sifatnya wajib untuk
dipenuhi. Contohnya adalah seperti sembilan bahan makanan pokok / sembako,
rumah tempat tinggal, pakaian, dan lain sebagainya.
2. Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder adalah
merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok primer
telah semuanya terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang
kebutuhan primer. Misalnya seperti makanan yang bergizi, pendidikan yang baik,
pakaian yang baik, perumahan yang baik, dan sebagainya yang belum masuk dalam
kategori mewah.
3. Kebutuhan Tersier / Mewah /
Lux
Kebutuhan tersier adalah
kebutuhan manusia yang sifatnya mewah, tidak sederhana dan berlebihan yang
timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan kebutuhan skunder. Contohnya
adalah mobil, Smartphone, komputer laptop notebook, TV Besar, Travelling, apartemen, dan lain
sebagainya.
B. Kebutuhan Manusia Berdasarkan
Waktu
1. Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan sekarang adalah
kebutuhan yang benar-benar diperlukan pada saat ini secara mendesak. Contoh
adalah pengobatan, kecelakaan.
2. Kebutuhan Masa Depan
Kebutuhan masa depan adalah
kebutuhan yang dapat ditunda serta dipenuhi di lain waktu di masa yang akan
datang. Contoh yaitu menunaikan ibadah haji, kunjungan rohaniah.
Untuk mengatasi kebutuhan publik yang semakin banyak, meningkat dan beraneka ragam.
Bank Mandiri hadir dengan produk-produk untuk membantu masyarakat dalam melengkapi kebutuhannya. Baik kebutuhan Primer, sekunder, dan bahkan tersier.
Bank Mandiri berkomitmen membangun hubungan jangka panjang yang didasari atas kepercayaan baik dengan nasabah bisnis maupun perseorangan. Bank Mandiri melayani seluruh nasabah dengan standar layanan internasional melalui penyediaan solusi keuangan yang inovatif. Bank Mandiri ingin dikenal karena kinerja, sumber daya manusia dan kerjasama tim yang terbaik.
Dengan mewujudkan pertumbuhan dan kesuksesan bagi pelanggan,
Bank Mandiri mengambil peran aktif dalam mendorong pertumbuhan jangka panjang Indonesia dan selalu menghasilkan timbal balik yang tinggi secara konsisten bagi pemegang saham.
Apa Keinginan Anda?
Dengan memperhatikan kebutuhan
manusia yang semakin lama semakin banyak dan membebani
Bank Mandiri menawarkan
banyak kemudahan dibidang perbankan.
Bank Mandiri menyuguhkan produk-produknya
untuk meningkatkan mutu hidup keluarga Indonesia. Beberapa produk
Bank Mandiri yang memanjakan anda diantaranya :
Mandiri KTA merupakan fasilitas kredit yang disuguhkan oleh
Bank Mandiri dengan tidak menggunakan anggunan. Anggunan yang berarti jaminan, Fasilitas Mandiri KTA yang di sugguhkan bank mandiri ini memudahkan kita untuk melakukan kredit untuk memulai usaha ataupun memenuhi kebutuhan yang bersifat sekunder maupun tersier karna Mandiri KTA ini bersifat jangka panjang,
Merupakan fasilitas pinjaman tanpa anggunan yang diberikan kepada perorangan berstatus pegawai yg tidak menyalurkan penghasilannya melalui bank mandiri
Merupakan fasilitas
pinjaman tanpa agunan yang diberikan kepada perorangan berstatus pegawai yang
sudah menyalurkan penghasilannya melalui Bank Mandiri.
Merupakan fasilitas
untuk memindahkan pinjaman tanpa agunan yang telah berjalan (existing) ke Bank
Mandiri dengan keuntungan berupa suku bunga yang kompetitif dan tambahan limit
pinjaman.
Merupakan fasilitas
penambahan limit mandiri kta yang telah berjalan (existing).
Merupakan fasilitas pinjaman tanpa agunan yang diberikan kepada perorangan yang
merupakan nasabah Mandiri Tabungan Rencana atau Mandiri Deposito.
Merupakan fasilitas
pinjaman tanpa agunan yang diberikan kepada kepada perorangan yang merupakan
pemegang kartu kredit dengan kriteria tertentu.
Merupakan fasilitas
pinjaman tanpa agunan yang diberikan kepada karyawan perusahaan terpilih yang
belum menyalurkan penghasilannya melalui Bank Mandiri.
Merupakan fasilitas
pinjaman tanpa agunan yang diberikan kepada karyawan perusahaan mitra Bank
Mandiri.
Proses mudah dan tanpa
agunan
Cicilan
Ringan
Limit
kredit sampai dengan 200 Juta
Jangka
waktu kredit hingga 60 bulan
Perlindungan
Asuransi Jiwa
Biaya : 2-3,5%
dari limit kredit (tergantung tipe produk KTA)
Biaya
dipotong langsung dari limit kredit yang disetujui, dengan cara mendebet
rekening Anda dari Bank Mandiri.
Mandiri KPR merupakan fasilitas kredit jangka panjang yg bersifat memudahkan konsumen untuk memenuhi kebutuhan membeli tempat tinggal seperti rumah, Appartmen, ataupun tempat usaha seperti ruko.Fasilitas Mandiri KPR ini sangat membantu kita, Cicilan yang ringan sehingga tidak membebani konsumen
Bank Mandiri.
Mandiri KPR memiliki beragam
fitur yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda, yaitu :
adalah fasilitas
Mandiri KPR yang dipergunakan untuk pembelian rumah tinggal/apartemen/ruko
dengan kondisi baru di proyek developer sekaligus pembelian
mobil/motor/furniture/home appliances.
adalah adalah
fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk pemindahan fasilitas kredit
sejenis dari bank lain dan dapatkan dana tambahan untuk berbagai keperluan
konsumtif.
adalah
penambahan limit kredit atas fasilitas Mandiri KPR yang sudah berjalan
(existing).
adalah fasilitas
Mandiri KPR yang dipergunakan untuk keperluan pembelian rumah
tinggal/ruko/rukan/apartemen dengan sistem pembayaran angsuran yang fleksibel
yaitu tersedianya rekening flexible (revolving) selama jangka waktu tertentu
atas sebagian tertentu dari limit kredit yang diperoleh.
adalah fasilitas
Mandiri KPR yang dipergunakan hanya untuk keperluan pembelian rumah yang
memberikan keringanan berupa penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok
sampai tahun ke 3 sehingga pada tahun ke 4 angsuran kembali normal.
Suku
bunga kompetitif.
Proses
cepat dan mudah.
Uang muka
ringan.
Jangka
waktu fleksibel s.d 15 tahun.
Bank
Mandiri bekerjasama dengan lebih dari 350 proyek developer di seluruh Indonesia
dan tersedia program-program yang menarik untuk pembelian rumah di proyek
developer tersebut.
Persyaratan
Pengajuan Mandiri KPR
Warga
Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia.
Umur
minimal 21 tahun, pada saat kredit berakhir maksimal 55 tahun (pegawai) dan
maksimal 60 tahun (profesional/wiraswasta)
Memiliki
Pekerjaan dan Penghasilan Tetap sebagai pegawai tetap/wiraswasta/profesional
dengan masa kerja/usaha minimal 1 tahun (pegawai) atau 2 tahun
(profesional/wiraswasta)
Nikmati segala kemudahan dan kenyamanan ketika menabung di
Bank Mandiri.
Bank Mandiri mengajak seluruh konsumennya untuk menyisihkan sebagian uangnya untuk menabung di
Bank Mandiri. Setiap tahunnya
Bank Mandiri memberikan reward dan berbagai macam hadiah menarik bagi siapa saja yang menabung di
Bank Mandiri program ini disebut Mandiri Fiesta . selain itu
Bank Mandiri menawarkan fasilitas auto debet untuk pembayaran rekening listrik, telepon dan lainnya yang sangat memudahkan dan membuat segala sesuatunya menjadi simple disetiap bulannya.
Mudah
Hanya dengan setoran awal sebesar
Rp 500.000,- Anda telah memiliki rekening Mandiri Tabungan
Pembukaan rekening, penyetoran
maupun penarikan dana tabungan dapat dilakukan di seluruh Cabang Bank Mandiri
Anda mendapatkan Mandiri Debit
yang berfungsi sebagai kartu ATM dan kartu debit yang dapat digunakan untuk
berbelanja dan pembayaran lainnya di merchant-merchant yang berlogo VISA baik
di dalam maupun di luar negeri
Dapat bertransaksi di 8.996 ATM
Mandiri, 26.000 ATM Bersama, 23.602 ATM LINK, 31.700 ATM Prima maupun 1.700.000
ATM berlogo VISA di seluruh dunia
Nyaman Bertransaksi
Fasilitas Mandiri SMS, Mandiri
Internet dan Mandiri Call menambah kenyamanan Anda bertransaksi dimana saja dan
kapan saja sehingga Anda lebih leluasa memanfaatkan waktu Anda.
Layanan Weekend Banking pada
hari Sabtu dan Minggu di beberapa Cabang, memberi kesempatan bagi Anda yang
tidak dapat bertransaksi di Cabang pada hari kerja karena kesibukan Anda.
Mempersiapkan masa depan terbaik Tabungan dengan setoran
wajib bulanan yang memberikan Anda ekstra perlindungan Asuransi. Tersedia dalam
valuta Rupiah dan US Dollar.
Persyaratan
Penabung berusia minimal 18 tahun dan berusia maksimal 70
tahun pada saat Mandiri Tabungan Rencana jatuh tempo.
Memiliki Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro.
Mengisi formulir aplikasi pembukaan Mandiri Tabungan Rencana
dan Form Pernyataan Kesehatan.
Kebebasan menentukan dan mengubah
setoran bulanan mulai Rp 100.000 atau USD 10,-per bulan.
Anda dapat menambah dana ke Mandiri
Tabungan Rencana di luar setoran bulanan.
Jangka waktu yang fleksibel (1 thn
20 thn).
Perlindungan Asuransi gratis (Bank
Mandiri bekerjasama dengan PT. AXA Mandiri Financial Services memberikan
perlindungan asuransi bagi penabung hingga Rp 5 juta atau USD 500,- per bulan
untuk setiap penabung).
Konsultasi gratis dengan Customer
Service professional kami.
Suku bunga MTR diatas suku bunga
tertinggi Mandiri Tabungan
Mandiri kartu kredit
mandiri kartu kredit diterbitkan oleh PT.
Bank Mandiri (Persero) Tbk. di
bawah lisensi Visa & MasterCard yang berfungsi sebagai alat pembayaran
transaksi pembelanjaan atau penarikan tunai di seluruh merchant berlogo Visa
atau ATM berlogo Plus untuk mandiri kartu kredit visa dan yang
berlogo MasterCard (maestro®/Cirrus®) untuk mandiri kartu kredit
mastercard.
Fasilitas Mandiri kartu kredit menyuguhkan berbagai promo menarik seperti barang elektronik dan Gadget ,
Bank Mandiri bekerja sama dengan berbagai macam brand ternama di seluruh outlet diseluruh penjuru Indonesia.
Hal-hal yang perlu diketahui sebagai Pemegang mandiri kartu
kredit adalah sebagai berikut:
Saldo Terhutang dan Pilihan Cara Pembayaran
Saldo terhutang adalah saldo terhutang pada saat tanggal
penagihan yang mencakup saldo terhutang bulan lalu ditambah transaksi-transaksi
sampai dengan Tanggal Penagihan, biaya - biaya, bunga dan koreksi dikurangi
pembayaran dan kredit.
Cara pembayaran dapat dilakukan dengan: Pembayaran Minimum,
pembayaran sebagian atau pembayaran penuh. Ketentuan mengenai pembayaran
tersebut terinci dalam Buku Petunjuk Layanan.
Sarana Pembayaran
Pembayaran ditujukan ke PT.
Bank Mandiri (Persero) Tbk. dapat dilakukan dengan
cara:
Tunai, Pemindah-bukuan, LLG/ Kliring, Direct Debit, Internet Banking, IVR
(Interactive Voice Response), SMS Banking,mandiri atm.
Bunga
1. Pembelanjaan (retail)
- Bunga akan ditambahkan pada penagihan berikutnya bila Anda tidak membayar
seluruh Saldo Terhutang pada Tanggal Jatuh Tempo. Bunga ditagih per bulan
berdasarkan saldo harian sejak tanggal transaksi dengan suku bunga seperti yang
tercantum pada Lembar Penagihan.
2. Penarikan Uang Tunai
- Bunga untuk penarikan uang tunai akan dikenakan sejak tanggal transaksi
penarikan uang tunai dengan suku bunga seperti tercantum pada lembar penagihan.
3. Alasan nasabah terkena bunga:
- Pembayaran melampaui tanggal jatuh tempo
- Pembayaran minimum atau tidak penuh
- Pembayaran kurang dari minimum
- Tidak melakukan pembayaran
- Adanya transaksi penarikan uang tunai
4. Kartu Hilang atau Dicuri
- Segera laporkan kehilangan atau kecurian kartu Anda ke mandiri call
14000 atau (021) 5299 7777 (24 jam) dan susulkan dengan laporan tertulis. Anda
bertanggung jawab sepenuhnya atas semua transaksi yang terjadi sebelum laporan
kehilangan atau kecurian Anda diterima oleh Bank Mandiri.
5. Pemindahan Saldo Terhutang kepada Pihak Ketiga
- PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. berhak untuk memindahkan Saldo Terhutang atas
Kartu Kredit Anda kepada pihak ketiga.
6. Pertanyaan mengenai Kesalahan pada Lembar Penagihan
- Bila ada sanggahan atas transaksi pada Lembar Penagihan, ajukan
selambat-lambatnya 30 hari sejak tanggal cetak Lembar Penagihan. Harap Hubungi Bank Mandiri
7. Hak untuk Mengubah atau Membatalkan Syarat dan Ketentuan
- Atas dasar kebijakan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. syarat dan ketentuan ini
dapat berubah. PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. dapat membatalkan mandiri kartu
kredit Anda sewaktu-waktu tanpa syarat apabila kondisi pembayaran/account
Pemegang Kartu menurun menjadi kurang lancar, diragukan atau macet.
Related Articel: